Minggu, 29 Mei 2016

Profil: Mas Dhimas Sosok Sederhana, Intelektual Profesional

Dhimas Agung Ramadhan lahir di Purbalingga, 31 Maret 1991. Dia adalah anak bungsu dari 4 bersaudara yaitu (Lia, Dewi Lestari Putri dan Septiandi Hendra Saputra). Di usia 5 tahun Dhimas memulai pendidikannya di TK Aisyiah Bancar, Purbalingga (1995-1996). Dilanjutkan pendidikannya di SD N 1 Kembaran Kulon dan lulus pada tahun 2003. Dhimas melanjutkan pendidikannya di SMP N 1 Purbalingga (2006) dan melanjutkan studinya di SMA N 1 Purbalingga dan lulus pada tahun 2009. Lulusnya Dhimas dari SMA N 1 Purbalingga menjadikan dhimas melanjutkan belajarnya di Universitas Diponegoro dengan mengambil program Diploma III jurusan Desain Arsitektur, tahun 2013 dhimas menyelesaikan pendidikannya dan menjadikan dia sebagai lulusan terbaik di jurusannya. Tak puas dengan pendidikan yang ditempuh saat ini Dhimas sedang melanjutkan pendidikannya di Jurusan S1 Teknik Arsitektur di Universitas 17 Agustus Semarang dan telah rampung pada bulan oktober 2018.

(foto: dokumentasi pribadi)
Sejak SD Dhimas  merupakan siswa yang aktif dan cukup berprestasi di sekolahnya dibuktikan dengan prestasinya di SD sebagai siswa yang selalu memproleh peringkat 1 dan memenangkan beberapa lomba cerdas cermat. Saat dirinya menginjakan kaki di bangku SMA, Dhimas cukup aktif dalam kegiatan-kegiatan organisasi seperti OSIS dan Ekstrakurikuler KOPASGA (Korps Patroli Keamanan Sekolah Ganesha). Memulai pendidikannya di kampus UNDIP Semarang bersama teman-temannya sesama perantauan dari Purbalingga mendirikan organisasi daerah KUDUNGGA UNDIP dan pada waktu itu teman-temannya memberikan kepercayaan kepada dirinya sebagai Ketua Umum.

Tak lama setelah itu dhimas melanjutkan jenjang kariernya di Mahangga Semarang sebagai wakil ketua umum. Pada tahun 2011 bersama-sama dengan ormada Purbalingga yang ada di Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Bandung serta Semarang berkumpul bersama-sama mendirikan sebuah organisasi yang menyatukan ormada-ormada sebagai forum silaturahmi terbentuklah GEMALINGGA (Gerakan Mahasiswa Purbalingga) yang di ketuai oleh saudara Anang Kurniawan dan Dhimas Agung Ramadhan sebagai Wakil Ketua Umum. 

Di Kampus UNDIP, dhimas tak hanya menjadi mahasiswa yang berorientasi dengan studi saja, dia juga aktif di himpunan mahasiswa Arsitektur Sadhata UNDIP dan menjadi Kabid PSDM, dia juga aktif di HMB D3 Teknik. Tahun 2012, diakhir pendidikannya Dhimas dipercaya sebagai Ketua Umum Partai Perkasa UNDIP dan terlibat dalam proses pesta demokrasi mahasiswa di tingkatan Universitas yang saat itu dalam kepemimpinannya menjadikan Partai Perkasa sebagai Partai 5 besar di UNDIP.

Tahun 2011 Dhimas bergabung dengan organisasi besar mahasiswa yaitu HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) dan mengikuti jenjang basic training saat bergabung dhimas dipercaya sebagai Kabid PTKP HMI Komisariat Teknik UNDIP dan direshufle sebagai Sekertaris Umum HMI Komisariat Teknik UNDIP. Di tahun 2012 dhimas melanjutkan jenjang ber HMInya sebagai Sekertaris Umum HMI Korkom Diponegoro dan  masuk kedalam pengurus HMI Cabang Semarang terakhir kepengurusan Dhimas masuk menjadi pengurus di PB HMI periode 2018-2020.

Saat ini Dhimas berprofesi menjadi seorang Arsitek dan aktif dalam kegiatan-kegiatan dan organisasi kepemudaan di Purbalingga. bersama teman-temannya di Gemalingga dhimas masuk kedalam kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Purbalingga sebagai Wakil Ketua DPD KNPI Purbalingga, karena keaktiifannya November 2019 pada MUSDA KNPI Purbalingga dhimas didaulat sebagai Ketua DPD KNPI Purbalingga. dilain aktifitasnya di organisasi mahasiswa dan pemuda Dhimas juga aktif dalam kegiatan menulis di kolom opini surat kabar disamping itu dhimas juga cukup aktif dalam kegiatan sosial yang konsen terhadap pendidikan serta aktif di beberapa organisasi seperti MD KAHMI Purbalingga dan IAI Banyumas (Ikatan Arsitek Indonesia).

1 komentar: